Cina Akan Menjelajah Sisi Gelap Bulan (Dark Side Of Moon)


Apa itu sisi Gelap Bulan?

Sisi gelap bulan yang misterius akan segera di eksplore oleh negeri Tirai Bambu alias Cina atau Tiongkok. Fakta-Fakta, rahasia, dan gambar perihal sisi gelap bulan yang masih berupa teori nantinya akan dibuktikan dalam misi ini.
Tahun ini Cina merencanakan untuk mengeksplore sisi gelap dari Bulan, area yang tidak pernah bertatapan eksklusif dengan bumi.
Cina nantinya akan menjadi negara pertama yang mendarat di “the dark side of the moon”.
Misi ini dimulai dengan mengirimkan Satelit Realy Queqiao dari provinsi Sichuan pada Senin Kemarin.  Queqiao yang mempunyai arti “Jembatan burung Murai” akan menjadi jembatan komunikasi dalam misi ini. Dengan adanya satelit relay ini maka Tiongkok sanggup untuk mengirimkan pesawat luar angkasanya ke sisi gelap bulan.
Keberadaan satelit relay Queqiao ini sangatlah penting alasannya kesulitan untuk mendaratkan pesawat luarangkasa di sisi gelap bulan yaitu permasalahan dalam komunikasi.
Dengan adanya Queqiao yang akan berada di atas permukaan sisi gelap bulan maka duduk kasus navigasi akan teratasi biar pesawat luarngkasa nantinya sanggup mendarat dengan kondusif di permukaan bulan.
Queqiao akan dilengkapi dengan antena yang akan dipakai oleh para ilmuwan untuk meneliti awal terbentuknya alam semesta kita. Para astronom menyebutnya sebagai “Cosmic dark ages”, yaitu kala sehabis ledakan besar big bang dan sebelum tebentuknya bintang pertama yang membentuk seluruh alam semesta ini.
Berada di sisi gelap bulan merupakan sebuah laba untuk penelitian ini alasannya akan terhindar dari interferensi elektormagnetik dari Bumi. Sehingga, akan menghasilkan pandangan yang lebih baik untuk mendapatkan sinyal radio dan mendengarkan bunyi dari kosmos.
Rencananya Tiongkok akan mengirim Lunar lander dan rover yang berjulukan Chang’e 4 ke sisi gelap bulan pada selesai tahun ini. 
YouTube/Guardian News

Chang’e 4 nantinya juga akan membawa bibit untuk menanam kentang dan arabidopsis (tanaman berbunga  yang menyerupai kubis) sebagai keperluan untuk melaksanakan eksperimen “lunar mini biosphere”.
Zhang Lihua, Manager dari Project relay satelit ini, menyampaikan pada kantor informasi Xinhua bahwa peluncuran Queqiao yaitu kunci dari Tiongkok dalam merealisasikan tujan mereka  untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi terjauh bulan dari bumi.
Dalam misi ini Tiongkok memilki sasaran untuk melaksanakan pendaratan insan pertama di sisi gelap bulan dalam 15 tahun. China National Space Administration bahkan telah merilis video yang menyampaikan keinginan mereka untuk membangun “istana bulan” dengan kabin bagi para ilmuwan.
Selama satu dekade terakhir ini, Tiongkok memang sedang gencar untuk melaksanakan misi ke luar angkasa. Hal ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju yang telah lebih dahulu melaksanakan misi luar angkasa menyerupai Amerika dan Rusia.
Pada 2013 lalu, Tiongkok menjadi negara ketiga yang berhasil melaksanakan soft landing di atas Bulan.

Referensi:

0 Response to "Cina Akan Menjelajah Sisi Gelap Bulan (Dark Side Of Moon)"

Post a Comment