Yuko Fujii, Perempuan Tangguh Instruktur Tim Judo Laki-Laki Brasil




Pada ketika pertama kali mengenal Judo sekitar 30 tahun yang lalu, Yuki Fujii pernah murka dan tak ingin berlatih Judo lagi alasannya yaitu kepalanya terbentur matras ketika berlatih dengan seorang bocah laki-laki.

Berkat derma dari Ibunya ia mau untuk kembali berlatih Judo dan ia sendiri mempunyai karir yang sukses ketika usia muda. Setelah lulus kuliah ia mempertimbangkan untuk menjadi instruktur dan berguru bahasa Inggris semoga bisa bekerja di luar Jepang.
Ia kemudian mendapat kesempatan untuk mengajar Judo di University of Bath di UK. Bahkan karirnya sebagai instruktur terus berkembang dan menjadi instruktur untuk tim judo Great Britain pada olimpiade 2012 lalu.

Kini ia berhasil menciptakan sejarah besar di dalam karir nya. Ia ditunjuk menjadi Pelatih Kepala dari tim Judo Brasil. Hal ini menjadi sangat Istimewa alasannya yaitu yang ia latih yaitu tim putra bukan tim putri. Setelah sebelumnya ia sukses sebagai tangan kanan instruktur untuk tim Judo Brasil putra dan putri.

Dalam dunia olahraga profesional sangat-sangat jarang melihat seorang perempuan melatih tim pria. Kaprikornus penunjukkan Yuko sebagai pelatim tim judo laki-laki Brasil ini yaitu sebuah langkah yang luarbiasa khususnya untuk para perempuan untuk mendapat kesempatan yang sama dengan para pria.

Ney Wilson, seorang direktur dari Federasi Judo Brasil menyampaikan bahwa langkah yang diambil negaranya niscaya akan mengejutkan dunia olahraga khususnya Judo, akan tetapi penunjukkan Yuko ini menurutnya akan menjadi pola bagi federasi olahraga lainnya dan ia berharap Yuko menjadi percontohan wacana keterlibatan perempuan dalam dunia olahraga secara umum.
Yuko sendiri memilki teknik training berdasarkan kemampuan setiap individu bukan menurunkan style beliau dalam judo.  Saya tidak mengajarkan gaya judo aku kepada para atlet, aku bekerja bersama mereka berdasarkan kemampuan mereka dan kekurangan mereka” kata Yuko Fujii, menyerupai dikutip dari BBC.com



Jefferson dos Santos, anggota dari tim nasional Judo Brasil kelas 73kg menyampaikan Yuko mempunyai kualitas yang luarbiasa dalam melatih dan sangat detail dalam pelatihannya. “Ketika kau bertanya satu pertanyaan pada Yuko, maka ia akan memilki 30 jawaban”, kata Jefferson dos Santos yang sempat terkejut dengan pemilihan Yuko sebagi instruktur kepala.
Dalam sepanjang karirnya, Yuko tidak pernah dilatih oleh seorang wanita. Ia selalu mendapat instruktur seorang pria. Baginya, kesempatan yang ia proleh dengan menjadi instruktur kepala tim Judo Pria di negara menyerupai Brasil akan membuka jalan untuk para perempuan semoga sanggup lebih terlibat dalam dunia olahraga layaknya seorang Pria.

"All my coaches have always been men - that was just the norm - but if a person has the potential, they have to be given the opportunity,"
-Yuko Fujii-



0 Response to "Yuko Fujii, Perempuan Tangguh Instruktur Tim Judo Laki-Laki Brasil"

Post a Comment