Nasa Kembalim Kirim Robot Ke Mars, Untuk Apa?



NASA kembali memilki misi gres untuk mengeksplore planet Mars. Kali ini NASA mengirimkan sebuah robot geoligis untuk meneliti bab dalam dari planet Mars.

Peluncuran roket untuk proyek ini dilakukan di California untuk memperpendek backlog penerbangan. California menjadi lokasi kedua dalam peluncuran roket di Amerika Serikat alasannya ialah sebelumnya peluncuran roket selalu dilakukan di Florida’s Cape Canaveral.

Perjalanan dari NASA InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport) ini akan menempuh jarak 485 juta kilometer. Diperkirakan robot geologis dari NASA akan mendarat enam bulan kemudian.

Tweet dari NASA


Setelah berhasil mendarat, InSight akan melaksanakan penggalian di dataran Mars untuk mendapat temperature dari planet merah ini. Selain itu, InSight akan melaksanakan pengukuran gempa yang terjadi di Mars memakai high-tech seismometer yang ditempatkan eksklusif di daratan Mars.

Pengukuran gempa ini nantinya akan membantu para penelit untuk mengetahui seberapa tebal lapisan pada bab dalam Mars.

Selain mengirimkan Mars InSight lander, Roket Atlas V pun membawa sepasang satelit mini atau sanggup juga disebut sebagai CubeStats yang dipakai untuk melacak posisi dari Robot InSight.


Kedua satelit ini diberi nama WALL-E dan EVE yang diambil dari nama tokoh kartun di Film WALL-E yang diproduksi pada 2008 lalu.

Misi yang memakan biaya sekitar 1 miliar US Dollar ini melibatkan scientists dari beberapa negara menyerupai Amerika, Prancis, German, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Project Manajer Tom Hoffman dari NASA’s jet Propulsion Laboratory in Pasadena mengatkan bahwa ia sangat besar hati dengan project ini, “It’s going to be Awesome” katanya.

Sebelum InSight,  NASA sebelumnya sudah mengirimkan sebuah robot untuk mengeksplorasi daratan Mars yaitu Curiosity pada 2012 lalu.

NASA sendiri merupakan satu-satu nya yang sanggup megirimkan suatu spacecraft dan mengoperasikannya dari Bumi.


Jika semuanya berjalan dengan lancar, Robot InSight yang memilki tiga kaki ini akan turun dari langit Mars memakai parasut dan mesin roket di dataran khatulistiwa Mars.

Well, supaya misi ini berhasil dan para umat insan bias mendapat pengetahuan gres dari planet merah ini.



Referensi:
http://www.abc.net.au
https://www.theguardian.com

0 Response to "Nasa Kembalim Kirim Robot Ke Mars, Untuk Apa?"

Post a Comment