Fenomena Alam Crown Shyness, Saat Pepohonan Enggan Bersentuhan


Apa itu fenomena alam  Crown Shyness?

Crwon shyness merupakan fenomena alam dimana terdapat pepohonan yang  seolah tidak mau untuk saling bersentuhan dengan pohon di dekatnya.

Umumnya kita akan melihat ranting-ranting pohon yang berdekatan akan tumbuh berhimpitan. Akan tetapi terdapat beberapa jenis pohon yang tidak mau saling bersentuhan. Kebanyakan fenomena ini terjadi pada jenis pohon yang sama.

Beberapa jenis pohon yang mengalami Crown Shyness ialah Pinus contorta, Black mangrove, Didymopanax pitteri, Clusia alata, Dryobalanops, dan beberapa spesies Eucalypt.

Salah satu kawasan dimana kita sanggup melihat fenomena Crown Shyness ialah di Forest Research Institute of Malaysia, Kuala Lumpur.


Fenomena ini sendiri telah diteliti semenjak tahun 1920an.  Dimana hingga dikala ini belum didapatkan kesimpulan yang niscaya kenapa hal ini sanggup terjadi.

Seorang jago kehutanan dari Australia M.R. Jacobs yang meneliti Crown shyness pada eucalyptus pada 1955 menyampaikan bahwa fenomena ini disebabkan oleh respon dari pohon tersebut terhadap abrasi.

Pernyataan ini dikuatkan oleh penelitian dari Miguel Franco pada 1986 yang menemukan bahwa ranting-ranting pohon mengalami kerusakan fisik jawaban pengikisan yang juga membunuh tunas-tunas unggul.

Terdapat pula teori yang menyampaikan bahwa pohon-pohon ini  mempunyai kepekaan terhadap cahaya far-red (FR) yang dihasilkan oleh tetangganya. Saat pepohonan ini mendeteksi cahaya FR dengan phytochrome photoreceptors, mereka akan berhenti tumbuh bahkan menjauh dari cahaya FR tersebut.

Seperti diungkapakan oleh  ilmuwan dari Malaysia Francis S.P.Ng yang mempelajari Dryobalanops aromatica pada 1977, fenomena Crown Shyness kemungkinan disebabkan oleh sensitifitas terhadap cahaya yang mempengaruhi pertumbuhan dahan-dahan pohon sehingga mengakibatkan jarak antar pohon didekatnya.


Teori lainya menyampaikan bahwa dahan-dahan pohon ini sedang melaksanakan prosedur sumbangan diri dengan menjauhi pohon disekitarnya. Tujuannya ialah untuk mencegah penyebaran hama atau serangga pemakan daun dari satu pohon ke pohon lainya.

Bermacam-macam  teori sudah banyak diberikan mengenai fenomena Crown Shyness, akan tetapi hingga dikala ini belum ada pernyataan resmi perihal penyebab kenapa fenomena alam ini sanggup terjadi.

Well, alam ini memang masih penuh dengan misteri yang belum terungkap,,
 adakah yang sudah pernah liat Crown Syness pribadi di Indonesia?



Referensi:
https://www.liputan6.com
https://www.merdeka.com
https://en.wikipedia.org

0 Response to "Fenomena Alam Crown Shyness, Saat Pepohonan Enggan Bersentuhan"

Post a Comment